RENCANA
KEGIATAN HARIAN
Tema :Air Udara Api
Subtema :
Hari/Tanggal : Kamis, 5 November 2015
Kelas/Semester :B/ 2(dua)
Bidang Pengembangan : Nilai Moral dan Agama, Sosial Emosional, Fisik Motorik, Bahasa, dan Seni
Subtema :
Hari/Tanggal : Kamis, 5 November 2015
Kelas/Semester :B/ 2(dua)
Bidang Pengembangan : Nilai Moral dan Agama, Sosial Emosional, Fisik Motorik, Bahasa, dan Seni
Alokasi
Waktu : 150 menit
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
ALOKASI WAKTU
|
METODE, MEDIA, SUMBER
BELAJAR
|
EVALUASI
|
NILAI PENDIDIKAN KARAKTER
|
· Anak mulai mampu membedakan perilaku baik dan buruk
· Anak mampu melakukan kegiatan keagamaan secara berurutan
· Anak mampu menjawab pertanyaan
guru berdasarkan ingatannya
· Anak
dapat menyanyikan 20 lagu anak
· Anak mampu
mengekpresikan diri lewat gerak dan lagu
· mengkoordinasikan
mata dan tangan untuk melakukan gerakan yang rumit
· mengkoordinasikan
mata dan tangan untuk melakukan kegiatan berulang
·
Menunjukkan aktivitas yang bersifat eksploratif dan menyelidik
(seperti: apa yang terjadi ketika air ditumpahkan)
·
Mengklasifikasikan benda berdasarkan warna, bentuk, dan ukuran
(3 variasi)
·
Menyebutkan lambang bilangan 1-10
·
Menggunakan alat tulis dengan Benar
·
Anak mulai mampu
membedakan perilaku baik dan buruk
·
Anak dapat bermain bebas bersama taman sebaya dan
orang di sekelilingnya
·
Merangsang memanggil kembali/recalling ingatan anak terhadap kegiatan yang sudah dilakukan
sehari
· Anak mampu melakukan kegiatan keagamaan secara berurutan
|
Pembiasaan:
· Menaati tata tertib sekolah.
· Berjabat tangan dengan guru
Moral dan nilai agama:
· Berdoa sebelum dan sesudah melaksanakan kegiatan
· Memberi dan membalas salam
Kognitif Pengetahuan dan Pemahaman:
·
Anak dapat menjawab pertanyaan sederhana
Seni:
·
Anak mampu menyanyikan 20 lagu anak
·
Anak mampu mengekpresikan diri lewat gerak dan
lagu
Fisik motorik kasar:
·
Anak dapat
mengkoordinasikan mata dan tagan untuk menuangkan air dalam wadah
·
mengkoordinasikan mata dan tangan untuk memegang alat ukur lalu menuangkan air
Kognitif:
·
mengamati air yang mengalir setelah dituang
kewadah
·
Mengenali bentuk benda
·
Mengenali warna-warna
·
mengenal konsep hitung bilangan 1-10
Fisik motorik kasar
·
Mampu menggunakan pensil warna dengan benar
Pembiasaan/ rutinitas:
·
Anak mentaati aturan
mencuci tangan sebelum makan
·
Membiasakan diri berdoa
sebelum dan sesudah makan
·
Menyelesaikan makan
sendiri tanpa bantuan
·
Membiasakan merapikan
tempat makan dan minum
·
Bersedia bermain bebas dengan teman sebaya dan
orang dewasa
·
Merangsang anak mengingat kembali ingatannya
·
Anak mampu menyanyikan lagu
·
Berdoa sebelum dan sesudah
melaksanakan kegiatan
·
Memberi dan membalas
salam
|
I. PRA KEGIATAN
· Berbaris
· Masuk kelas
· Berdoa
· Salam
· Presensi kelas
II. KEGIATAN AWAL
Apersepsi
·
Tanya jawab mengenai macam-macam sifat air yang ada dikehidupan sehari-hari
·
Menyanyi dengan gerakan
bersama-sama lagu
III. KEGIATAN INTI
·
Melakukan pecobaan Menuangkan air kedalam wadah
·
Menungkan air kedalam alat ukur secara berulang.
·
Mengamati dan melakukan percobaan dengan air yang
ditungkan dalam wadah
·
mampu mengenali berbagai macam bentuk wadah yang
berisi air
·
Anak mampu mengenali warna air yang mengalir dan
berada didalam wadah
·
Anak melakukan
pengukuran air dalam wadah dengan alat ukur non-standar
·
Anak mewarnai gaambar yang telah disediakan
IV. ISTIRAHAT
· Mencuci tangan sebelum dan sesudah makan
· Berdoa sebelum dan sesudah makan
· Menyelesaikan makan
· Merapikan tempat makan dan minum
· Bermain bebas
· Anak dapat merapikan alat-alat yang sudah digunakan setelah bermain
V. KEGIATAN AKHIR
· Mengulas kegiatan inti
· Menyanyikan lagu “Gilang Sipaku Gilang” bersama-sama
· Berdoa
· Mengucapkan salam
· Pulang
|
15
menit
15
menit
60
menit
15
menit
|
· Metode: praktek langsung
· Metode: praktek langsung
· Media : Buku presensi kelas
· Metode: tanya jawab
· Metode: demonstrasi
· Metode: unjuk kerja
· Media: air warna, botol, sedotan
· Metode: unjuk kerja.
·
Media: Air warna,
botol, wadah berbagai bentuk, sedotan
· Metode: praktek langsung
· Metode:tanya jawab
· Metode: Praktek langsung, lembar kerja
· Media:alat ukur non standar
·
Media:Lembar kerja
· Media: tempat makan minum (bekal anak)
· Media:Alat permainan dalam maupun luar kelas
· Metode : tanyajawab
·
Metode: praktek
langsung
· Metode: Praktek Langsung
· Praktek Langsung
|
· Observasi
· Observasi
· Observasi
· Tanya jawab
· Observasi
· Observasi
· Observasi
· Wujud kerja dan Observasi
· Wujud kerja
· Observasi
· Observasi
· Observasi
· Observasi
· Wujud Kerja
· Observasi
· Observasi
· Observasi
·
Observasi
|
· Disiplin
·
Religius
·
Religius dan
komunikatif
· Rasa ingin tahu, komunikatif
· Komunikatif
· Disiplin
· Komunikatif
· Mandiri dan kerja keras
· Kemandirian
· Kemandirian, Keaktifan
· Tanggung jawab
· Kemandirian
· Kemandirian
\
· Tanggung jawab
· Komunikatif dan Religius
·
Tanggung jawab
· Komunikatif
· Kreatif dan komunikatif
· Komunikatif
|
Surakarta, 28 Oktober 2015
Mengetahui,
Dosen
Pembimbing Praktikan
(Idam
Ragil W A, S.Pd.,M.Si) (Riska Puspaningrum)
Mgm Casino Archives - DrmCD
BalasHapusMgm is a new online gaming destination featuring 경산 출장안마 top-notch live 안양 출장샵 dealer table games. A full line of games, a variety of 정읍 출장안마 slots 군산 출장샵 and table 보령 출장안마